Karang Taruna Se-Metro Timur Adakan Rapat Koordinasi, Bahas Payung Hukum dan Problematika Pengurus

Kartakomet.com – Sabtu (05/06), Karang Taruna Kelurahan se-Kecamatan Metro Timur adakan Rapat Koordinasi (Rakor) antara Ketua dan Sekretaris di Rumah Ketua Karang Taruna Kecamatan Metro Timur, Hariyanto, Iringmulyo, Metro Timur.

Rapat tersebut mengupas problematika kegiatan tiap Karang Taruna Kelurahan dan perihal Payung Hukum Karang Taruna seperti Permensos No 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna, Perda Kota Metro No 3 Tahun 2020 tentang Pedoman Penataan Kelurahan dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan, dan Perwali Metro No 50 Tahun 2020 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan.

Dalam rapat tersebut, Ferry Handono, Sekjen Karang Taruna Kota Metro, menegaskan bahwa Karang Taruna melalui payung hukum yang terbaru tersebut memiliki kekuatan dan fleksibel dalam melakukan kegiatan.

“Kita kuat secara hukum, bahkan dijelaskan bahwa kita ini setara dengan LPM dan PKK, hanya beda tugas dan fungsinya saja,” ujarnya.

Ferry Handono juga menambahkan bahwa secara payung hukum tersebut Karang Taruna memiliki tiga pembina yang bertanggung jawab membina anak-anak muda Kota Metro.

“Kita juga memiliki tiga pembina yang membina kita. Ada Pembina Umum, sesuai tingkatan kepengurusan, Kota pembinanya Walikota, Kecamatan Pembinanya Camat, Kelurahan pembinanya ya Lurahnya. Selain itu ada Pembina Fungsional, yakni Dinas Sosial, dan terakhir Pembina Teknis, yakni Dinas Terkait,” tambahnya.

Pada Rakor tersebut, masing-masing Ketua Karang Taruna menyampaikan pandangan khusus dan problematika di Karang Taruna, seperti yang di jelaskan, Novita Susi Susanti, Ketua Karang Taruna Yosorejo, kondisi Karang Taruna Yosorejo berada pada fase semangat yang turun dan sangat butuh support dari pembina.

“Karang Taruna Yosorejo saat ini sedang berada di fase semangat yang turun, teman-teman di bawah sebenarnya sangat perlu arahan dan dukungan dari Lurah (red. Pembina) untuk meningkatkan semangat kami. Sampai saat ini kami belum merasakan betul peranan pembina sampai pada teman-teman di bawah,” ujarnya.

Hariyanto, Ketua Karang Taruna Kecamatan Metro Timur, melalui Rakor ini ia berharap Pengurus Kota bisa menyampaikan hasil rapat kepada para pembina dan menindaklanjuti untuk kebaikan bersama.

“Semoga Pengurus Kota segera menindaklanjuti hasil rapat ini agar kedepan bisa memberikan hasil yang terbaik dan berdampak positif untuk Karang Taruna,” tutupnya.

Rakor tersebut menghasilkan produk berupa Berita Acara Kegiatan untuk menjadi landasan evaluasi dan masukan. Nantinya tiap-tiap Karang Taruna Kelurahan se-Kota Metro akan mengadakan Rakor yang dikoordinasi oleh Pengurus Kecamatan masing-masing. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *