(Live) Pemuda Peduli Sejarah: Podcast KTM x Trimurjo Heritage Community

Karang taruna Kota Metro dalam kesempatannya di podcast KTM pada Rabu (10/03) berbincang tema tentang “Pemuda Peduli Sejarah.

Podcast kali ini ditemani oleh pemuda-pemuda yang peduli dengan sejarah lingkungannya dan tergabung di komunitas Trimoerdjo Heritage selain juga menghimpun di komunitas sejarah di Kota Metro dan Lampung.

Selain mengulik tentang pergerakan komunitas sejarah, narasumber juga memaparkan pentingnya para pemuda untuk sensitif terhadap sejarah di lingkungannya, sebab kondisi yang sekarang ini baik dari segi ekonomi, sosial maupun budaya bukan tidak mungkin dipengaruhi oleh keadaan di masa lalu.

Sejauh ini, kegiatan yang masih dilakukan ialah diskusi dan hunting Story. Hunting Story dimaksudkan untuk mendekatkan orang-orang dengan tempat, bangunan maupun hal lain yang memiliki nilai bersejarah di dalamnya yang sebelumnya belum diketahui historynya.

“Kalau ada orang ikut hunting Story ini, bisa jadi pas mereka nanti lewat di tempat yang sama mereka akan mengalami suasana pemandangan berbeda karena sudah tidak memandangnya sebagai hal yang biasa tapi hal yang bersejarah.” Pungkas Kian Amboro.

Dalam pergerakannya dalam mengenalkan sejarah juga bukanlah hal yang mudah, di mana terkadang anggapan orang bahwa lebih baik menatap ke depan. Namun, bukan berarti tidak ada lagi pemuda-pemuda yan tidak peduli oleh karena itu, lahirya Trimoerdjo Heritage ini bisa menjadi wadah untuk saling bertukar informasi bahkan energi.

“Banyak orang mengumpamakan kenapa kaca belakang mobil lebih kecil dari kaca depan, karena sudah saatnya memandang ke depan dan move on, bukan terjebak di masa lalu. Tapi bukan begitu sebenarnya esensi dari menggali sejarah itu sendiri, sebab tidak bisa dipungkiri keadaan sekarang dipengaruhi oleh keadaan masa lalu. Dan itu yang perlu kita tahu.” Tutup Pandu, Ketua Trimoerdjo Heritage, pada podcast KTM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.